UNU Yogyakarta

Tingkatkan Karakter Disiplin pada Siswa, PGSD UNU Yogyakarta Gelar Parenting Online

Yogyakarta- Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nahdlatul Ulama (PGSD UNU) Yogyakarta menggelar Parenting Online dengan mengangkat tema “Peningkatan Karakter Disiplin & Tanggungjawab Siswa” di SD NU Sleman, Senin (2/7).

Kepala Program Studi PGSD Wahyu Nugroho, M.Pd, mengatakan  kegiatan ini merupakan bagian dari Tugas Akhir mahasiswa PGSD UNU Yogyakarta sebagai implementasi  peningkatan karakter disiplin  dan tanggungjawab melalui parenting online di kelas 3A SD NU Sleman.

“Selain itu, parenting ini bertujuan untuk membekali orangtua agar dapat memenuhi tuntutan di saat pandemi. Dimana saat ini menjadi orang tua dituntut untuk dapat berperan menjadi guru ketika dirumah. Hal ini membuat orang tua harus terus belajar bagaimana mendidik sesuai dengan keadaan zaman” jelasnya.

Narasumber Dr. Kana Safrina Rouzi, M.Si dalam penjelesannya mengatakan bahwa saat ini kita sebagai orang tua dituntut untuk bisa memberikan pembelajaran sesuai dengan umurnya. Pendidikan untuk anak umur 7 tahun tentu berbeda pola pendidikan yang kita berikan kepada anak umur 10 tahun.

“Menurut tahapan perkembangan anak-anak umur 7 tahun adalah masa untuk bermain, kalau diajak belajar susah, di ajak main seneng, kita sebagai orang tua harus berinisiatif untuk mengajak belajar sambal bermain, disini kita mulai melatih kedisipinananya”jelasnya.

Kana menegaskan perlunya pemahaman orang tua dengan memberikan pengasuhan kepada anak sesuai dengan zamannya dan mulai memberi keteladanan dari diri orangtua kemudian baru bisa membimbing dan melatih anak untuk meningkatkan karakter disiplin dan tanggungjawab.

Sebagaimana diketahui, acara parenting ini dihadiri oleh segenap orang tua dari siswa-siswi SD NU Sleman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *