UNU Yogyakarta

UNU YOGYAKARTA MAKSIMALKAN KEKAYAAN TANAMAN OBAT DI DESA WISATA DUSUN KIRINGAN CANDEN BANTUL

Laboratorium Sosial (Labsos) Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta Program Studi Farmasi dan Agribisnis mengadakan sosialisasi dengan tema Sosialisasi Inovasi Jamu Rosella Jahe Merah  dan Bir Pletok di Desa Wisata Kiringan Kecamatan Canden Bantul, Selasa, 28 Desember 2021.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memaksimalkan kekayaan alam tanaman obat yang berada di desa wisata Kiringan.

Sebelumnya mahasiswa yang tengah melakukan observasi di dusun Kiringan menemukan tanaman obat (Rosella) dan jahe merah yang belum digunakan sebagai bahan jamu, disamping itu dua bahan itu pula dinilai dapat menarik perhatian wisatawan setelah adanya inovasi.

Dalam sosialisasinya mahasiswa labsos bimbingan dosen Apt. Listiana Hidayati, M. Sc menjelaskan tujuan dari inovasi pembuatan bir pletok, yaitu untuk menarik konsumen dengan minuman  halal dan menyehatkan serta dikemas dengan menarik.

Sedangkan dalam pembuatannya, bir pletok memanfaatkan bahan alam sekitar seperti kayu manis, serai, jahe , kayu secang, kopi dll.

Dan untuk Inovasi jamu rosella jahe merah, mahasiswa mengambil referensi dari observasi jurnal yang sudah teruji bahwa tanaman rosella dan jahe merah  berkhasiat sebagai antioksidan dan antihipertensi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dusun Kiringan Sudiyatmi, Ketua Desa Wisata Jamu Kiringan Sutrisna, Ketua kelompok Jamu dan perwakilan 15 Dasawisma di Dusun Kiringan.

Para peserta antusias mengikuti praktek pembuatan jamu.

Koresponden : Agung & Krisna, Mahasiswa Laboratorium sosial Prodi Farmasi dan Agribisnis Mahasiswa Universitas Nahdlatul ulama Yogyakarta

===========
Update terus tentang UNU Yogyakarta di:
Website: pmb.unu-jogja.ac.id
Instagram: @unujogja
YouTube: UNU Yogyakarta
Tweeter: @UNUJogja
TikTok: @unuyogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.