UNU Yogyakarta

UNU Yogyakarta Gelar Diskusi Publik Pengajaran Al-Quran untuk Difabel

UNU Yogyakarta menggelar diskusi pengajaran Al-Quran untuk difabel. Acara dikomandoi oleh Pusat Studi Gender UNU Yogyakarta dan Fakultas Dirasah Islamiyah UNU Yogyakarta bekerjasama dengan Majelis Taklim Mahabbah Lillah.

Salah satu narasumber dari Komisioner KOMNAS Perempuan Dr. Bahrul Fuad, M.A mengatakan masih banyak kendala yang dihadapi bagi difabel maupun pengajar Alquran untuk mengajarkan huruf-huruf Alquran.

“Disamping metode pengajaran yang belum mapan untuk teman-teman difabel juga kendala pada bahasa isyarat untuk menyampaikan pembelajaran” katanya.

Sementara itu, Hj. Ida Zalfia, M.Ag dari Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran Kemenag RI mengatakan Kemenag RI menyadari akan kebutuhan difabel untuk mempelajari Alquran oleh karenanya pihkanya akan selalu menggelar pelatihan-pelatihan untuk mengajarkan Alquran.

“Meski belum maksimal, kami siap memberikan pelatihan diluar acara ini” terangnya saat salah seorang difabel meminta pelatihan lanjutan.

Sementara itu Wakil Rektor UNU Yogyakarta Bidang Kepesantrenan Dr. Irwan Masduqi, Lc., M.Hum mengatakan UNU Yogyakarta sadar akan kebutuhan belajar Alquran bagi difabel.

“Islam itu mudah, solat saja yang diwajibkan untuk orang islam saja bila tidak bisa dilakukan dengan gerakan sempurna karena kondisi tertentu, bisa dilakukan dengan kedipan mata atau isyarat” terangnya.

“Selain itu saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat membantu teman-teman difabel untuk mempelajari Alquran” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, UNU Yogyakarata berkomitmen untuk mewujudkan kampus yang inklusi bagi semua pihak terutama bagi mahasiswa dan civitas akademika. Salah satu komitmen itu diwujudkan dengan gagasan untuk mendirikan direktorat khusus tentang inklusi sosial.

.

.

UNU Yogyakarta, The Leading Professional Hub University

===========

Update terus tentang UNU Yogyakarta di:

Website: unu-jogja.ac.id

Instagram: @unujogja

YouTube: UNU Yogyakarta

Twitter: @UNUJogja

TikTok: @unuyogyakarta

Facebook : Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.