Berjiwa santri, berakal teknolog

Fakultas Teknologi Informasi UNU Yogyakarta memiliki tiga jurusan yakni Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Teknik Elektro. UNU Yogyakarta mengamati dan  melihat prospek yang terus berkembang pesat dan terus meroket dalam era digital ini adalah teknologi Informasi. Teknologi Informasi sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, UNU Yogyakarta memilih untuk mengembangkan Fakultas Teknologi Informasi.

Mahasiswa yang menempuh pendidikan di Fakultas Teknologi Informasi akan dibekali dengan karakter santri yang berbasis ilmu agama dan ilmu sosial. Kompetensi yang akan dihasilkan adalah mencoba mencetak lulusan yang bisa dapat dan mampu berkontribusi terhadap perkembangan teknologi informasi ke depan. Saat ini, produk-produk teknologi informasi masih perlu untuk terus dikembangkan. Karena itu, fakultas ini nantinya akan melahirkan para teknolog-teknolog yang bisa menawarkan dan memproduksi teknologi-teknologi yang memiliki konten Islami.

Dengan lulusan yang mempunyai kompetensi tersebut, para sarjana-sarjana muda diharapkan dapat menghasilkan produk yang dapat menawarkan dan mendeskripsikan produk produk Islami, bisa menciptakan produk-produk yang menjaga keseimbangan alam dan produk-produk yang memiliki kualitas yang dapat dipercaya oleh masyarakat. Produk-produk tersebut hanya dapat diciptakan oleh orang-orang yang kreatif dan inovatif serta dapat berfikir bagaimana menjaga alam semesta, dengan fungsi manusia sebagai khalifatullah.  Di masa yang akan datang, UNU dapat menghasilkan dan menciptakan masyarakat yang ahlu sunnah wal jamaah.

Adapun secara keilmuan, Jurusan Teknologi Informasi, mempunyai karakter tersendiri yang sedikit berbeda dari fakultas-fakultas dan jurusan-jurusan di perguruan tinggi lain . Di UNU Yogyakarta, mahasiswa akan dibekali dengan ilmu-ilmu pesantren. Ilmu-Ilmu pesantren inilah yang diharapkan memberi warna terhadap ilmu teknologi informasi yang sudah dikuasai.