preloader
?>
about image

Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama dan Penerjunan Mahasiswa di Laboratorium Sosial

Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul dulunya merupakan dua kelurahan yaitu kelurahan Selarong dan kelurahan Iroyudan yang digabungkan menjadi satu. Desa Guwosari memiliki berbagai macam potensi, salah satunya yaitu potensi wisata. Beberapa potensi wisata diantaranya yaitu potensi wisata gua bersejarah “gua selarong” yang dipercaya sebagai tempat persembunyian Pangeran Diponegoro dimasa penjajahan. Selain itu, potensi wisata kuliner khas Guwosari “ingkung” juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Beberapa potensi wisata tersebut sudah dikembangkan dengan baik oleh pemerintah Desa Guwosari serta beberapa potensi lainya. Hal tersebut tentunya tidak dapat dikembangkan jika manajemen pengelolaan serta attitude masyarakat setempat tidak baik oleh karena itu Universitas Nahdhatul Ulama Yogyakarta bermaksud mendirikan Laboratorium Sosial (LabSos) di Desa Guwosari.

Tujuan dari konsep Laboratorium Sosial (LabSos) Universitas Nahdhatul Ulama Yogyakarta yang akan didirikan di Desa Guwosari serta di beberapa tempat lainya yaitu supaya mahasiswa Universitas Nahdhatul Ulama Yogyakarta dapat belajar dan bekerjasama secara langsung dengan masyarakat untuk dapat mengetahui dan terlibat secara langsung di semua sisi kemasyarakatan. Keterlibatan mahasiswa Universitas Nahdhatul Ulama Yogyakarta di Laboratorium Sosial (LabSos) Desa Guwosari juga akan dilaksanakan secara berkelanjutan yang harapanya dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat setempat dan mahasiswa Universitas Nahdhatul Ulama di setiap tahunya. Konsep tersebut tentunya membutuhkan kesepakatan antar kedua belah pihak serta pihak lain yang terlibat dalam kerjasama tersebut.

Laboratorium Sosial (LabSos) Universitas Nahdhatul Ulama Yogyakarta di Desa Guwosari telah disepakati melalui penandatanganan MOU oleh Rektor I Universitas Nahdhatul Ulama Yogyakarta dan Kepala Desa Guwosari serta Aliansi Jurnalis Independen Yogyakarta pada hari Senin, 02 November 2020 di pendopo Balai Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.