Berjiwa Santri, Berotak Teknolog

Fakultas Teknologi Informasi UNU Yogyakarta terdiri atas tiga jurusan yakni Teknik Informatika, Teknik Komputer dan Teknik Elektro. UNU melihat prospek yang akan berkembang pesat dan akan terus meroket adalah teknologi Informasi. Oleh karenanya, UNU memilih untuk mengembangkan Fakultas Teknologi Informasi.

Mahasiswa yang kuliah di Fakultas Teknologi Informasi akan dibekali dengan karakter santri berbasis dirasah islamiyah. Kompetensi yang akan dimunculkan adalah mencoba mencetak lulusan yang bisa lebih berkontribusi terhadap perkembangan teknologi informasi ke depan. Saat ini, produk-produk teknologi informasi tidak punya nilai. Karena itu, fakultas ini nantinya akan melahirkan para teknolog-teknolog yang bisa menawarkan dan memproduksi teknologi-teknologi yang memiliki konten Islami.

Misalnya, bisa menawarkan dan mendeskripsikan produk Islami. Bisa menciptakan produk-produk yang menjaga keseimbangan alam. Produk-produk semacam itu hanya bisa diciptakan oleh orang-orang yang berpikir, bagaimana menjaga dunia ini, dengan fungsi manusia sebagai khalifatullah. Ke depan, kader seperti itu yang akan dimunculkan UNU.

Secara keilmuan, tidak jauh berbeda dengan fakultas maupun jurusan-jurusan teknologi informasi lainnya. Hanya saja di UNU ini, mahasiswa akan dibekali dengan ilmu-ilmu pesantren. Ilmu-Ilmu pesantren inilah yang diharapkan memberi warna terhadap ilmu teknologi informasi yang sudah dikuasai.