Webinar: “Pemenuhan Hak Lansia dan Penyandang Disabilitas di Era New Normal”

Pusat Studi Keluarga dan Kesejahteraan Sosial UNU Yogyakarta mengagendakan kegiatan Webinar dengan tema “Pemenuhan Hak Lansia dan Penyandang Disabilitas di Era New Normal pada 7 Juli 2020. Kaum lansia (lanjut usia) dan penyandang disabilitas selama ini menjadi bagian dari kelompok masyarakat yang tidak banyak diperhatikan. Padahal mereka termasuk kelompok yang paling rentan dalam masa pandemic Covid-19.
Semenjak ditemukan kasus COVID19 di Indonesia pada awal maret 2020, jumlah penderita COVID19 terus menerus bertambah. Sampai saat ini jumlah penderita kasus COVID telah mencapai 55,092 kasus dengan jumlah kematian mencapai 2,805 (worldmeter.info). Kelompok lansia dan disabilitas adalah kelompok rentan yang sangat terdampak oleh pandemi COVID19. Mengacu pada data WHO, lebih dari 95% kematian akibat Virus Corona terjadi pada penduduk usia lebih dari 60 tahun. Lebih dari 50% dari semua kematian melibatkan terjadi pada mereka yang berusia 80 tahun atau lebih. Dari laporan WHO dapat dilihat bahwa 8 dari 10 kematian terjadi pada individu dengan setidaknya satu komorbiditas, khususnya mereka dengan penyakit kardiovaskular, hipertensi dan diabetes, tetapi juga dengan berbagai kondisi kronislainnya.
Sementara itu, di Indonesia terdapat penyandang disabilitas sebanyak 21,84 juta atau sekitar 8,56 persen (SUPAS, 2015). Penyandang disabilitas menghadapi banyak kerentanan dan kendala yang lebih besar saat situasi COVID19 seperti aksesibilitas layanan kesehatan, bantuan sosial dan juga informasi terkait dengan COVID19. Kelompok penyandang disabilitas juga memiliki kebutuhan yang cukup besar pada layanan kesehatan, dimana pada saat pandemi COVID19 layanan kesehatan banyak dibatasi untuk mencegah penularan virus.
Selama masa pandemi, keluarga merupakan tumpuan utama perawatan dan pemenuhan kebutuhan lansia dan disabilitas. Keterbatasan informasi dan kapasitas anggota keluarga dalam melakukan perawatan lansia dan penyandang disabilitas dalam masa pandemi menjadi tantangan besar. Apalagi, saat ini pemerintah akan segara memberlakukan era new normal, dimana masyarakat akan kembali bekerja di luar rumah. Simak, diskusi mengenai hal tersebut yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Keluarga dan Kesejahteraan Sosial UNU Yogyakarta pada;

Hari/Tanggal : Selasa, 7 Juli 2020
Waktu : 09.30 – 12.00 WIB
Moderator : Suharti, S.Pt., M.A. (LP3M UNU Yogyakarta)
Narasumber :

  1. Sunarman Sukamto (Staff Ahli Madya Bidang Hukum dan HAM Kantor Staff Presiden)
  2. dr. The Maria Meiwati Widagdo, Ph.D (Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana)
  3. Bahrul Fuad (Komisioner Komnas Perempuan).

Pendaftaran webinar ini bisa dilakukan melalui link https://bit.ly/2ndWebinarPSKK.