Qurrotun ‘Ainiyah, mahasiswa PGSD, berhasil menerbitkan publikasi ilmiah di jurnal Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu (FDFAII). Karya berjudul ‘Analisis Peran Guru dan Orang Tua dalam pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mumtaz Patuk Gunungkidul Yogyakarta’ ini merupakan hasil penelitian untuk skripsinya. “Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui peran guru dan orang tua dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19,” papar Ainiyah seperti dikutip dari abstrak riset tersebut.
Baca juga : Fakultas Ekonomi Ambil Peran dalam Rakernas AFEBSI
Dibimbing dosen PGSD Dewi Masithoh, Ainiyah melakukan riset pada guru dan orang tua siswa dari kelas I hingga kelas VI di MI Al-Mumtaz Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, pada Januari – April 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring di MI Al-Mumtaz membutuhkan peran guru dan orang tua siswa.
Baca juga : Pede Terapkan Kurikulum OBE
Peran guru saat belajar daring, yaitu: menyampaikan materi dengan berbagai teknik pembelajaran, menjaga komunikasi yang baik, dan berkolaborasi dengan orang tua dalam mendampingi siswa selama pembelajaran daring. “Sedangkan peran orang tua saat belajar daring sebagai motivator, fasilitator, dan pengganti guru di rumah selama pembelajaran daring,” jelasnya.