Kunjungi UNU Jogja, STIES KHAS Al Jaelani Cirebon Jadikan UNU Jogja Sebagai Role Model

  • 13 September 2024
  • Editor UNU
  • Berita
Kunjungi UNU Jogja, STIES KHAS Al Jaelani Cirebon Jadikan UNU Jogja Sebagai Role Model

UNU Jogja menjalin keja sama pendidikan dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) KHAS Al Jaelani Cirebon. Kerja sama tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani kedua pihak dalam agenda kunjungan (STIES) KHAS Al Jaelani Cirebon ke Kampus Terpadu UNU Jogja, Kamis (12/9) siang.

Menyambut kunjungan ini, Rektor UNU Jogja Widya Priyahita menjelaskan UNU Jogja terus melakukan kolaborasi di bidang pendidikan dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satunya yang menjadi andalan pendirian College for Future Studies Mohamed Bin Zayed (CFS MBZ) bersama Uni Emirat Arab (UEA).

“Bukan hanya dengan UEA, UNU Jogja juga bekerja sama dengan beberapa kampus dari negara lain dan kerja sama G to G seperti pendirian School of Atomic Energy dengan Rusia dan School of Food Security dengan India,” tuturnya.

Baca juga : Akselerasi Peluang Siap Kerja, UNU Jogja Gandeng Balai Diklat Industri

Kerja sama pendidikan ini tak lain untuk mencetak para profesional unggulan di berbagai bidang, terutama dari kalangan nahdliyin. Adapun untuk menjaring mahasiswa, UNU Jogja juga telah memiliki strategi seperti pemberian beasiswa Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Hal ini agar siswa-siswa terbaik dapat berkuliah tanpa terkendala biaya. “Beberapa tahapan beasiswa UKT ditawarkan supaya bisa mencetak nahdliyin-nahdliyin unggul yang siap memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa,” ujarnya.

Adapun Wakil Rektor Bidang Kepesantrenan UNU Jogja Abdul Ghoffar sebelumnya memaparkan bahwa lembaga pendidikan di bawah naungan NU harus terus memperkuat wasilah, jejaring, dan kesempatan. “Jejaring UNU juga tersebar luas dan berkiprah di berbagai bidang profesional. Kekuatan ini kalau tidak digunakan eman-eman (sayang),” paparnya.

Baca juga : Pertama Digelar, UNU Jogja Jadi Tuan Rumah Konferensi Muslim Indonesia-Tiongkok

KH. Muhammad, Pengasuh Pondok STIES Khas Al jaelani yang mewakili rombongan, mengapresiasi sambutan UNU Jogja dalam kunjungan ini. Menurutnya, perkembangan UNU Jogja dapat menjadi rujukan dan model untuk diikuti kampus-kampus lain. “UNU Jogja ini melesat dengan cepat, sehingga kami ingin belajar mengikuti jejak UNU Jogja,” ujarnya.

Dalam kunjungan ini, delegasi STIES Khas Al Jaelani Cirebon dipimpin Ketua Senat Nyai Hj. Shobibah Maimoen Zubair didampingi Ketua STIES KH Ni’amillah Aqiel Siroj, Wakil Ketua I Nyai Najlah Barnamij, Wakil Ketua II Yudi Hendrawan, Ketua LPM Ulfrain, Ketua LP2MMubarok Fatahillah, dan Ketua Prodi Ekonomi Syariah Sigit Nurhendi.

Bersama jajaran pimpinan, sekitar 50 mahasiswa STIES Khas Al Jaelani Cirebon juga mengikuti agenda kunjungan ini. Seusai seremoni sambutan dan penandatangan kerja sama, rombongan mengikuti tur kampus dengan mengelilingi sudut-sudut kampus termasuk menikmati pameran seni “Indonesia 100%” yang tengah dihelat UNU Jogja hingga 30 September mendatang. [Arif]

***UNU Jogja membuka pendaftaran mahasiswa baru Tahun Ajaran 2024/2025. Dapatkan info selengkapnya di pmb.unu-jogja.ac.id

Berita Terkait

Dari UNU Jogja, Gali Inspirasi Kolaborasi Indonesia–Tiongkok, Warnai Peradaban Islam dan Dunia
  • Editor UNU
  • 18 September 2024

Dari UNU Jogja, Gali Inspirasi Kolaborasi Indonesia–Tiongkok, Warnai Peradaban Islam dan Dunia

Negeri Tiongkok telah menjadi pusat peradaban dunia sejak berabad-abad lalu. Dalam periode itu,...

Melesat Bersama, UNU Jogja–Unaja Sepakati Kerja Sama
  • Editor UNU
  • 17 September 2024

Melesat Bersama, UNU Jogja–Unaja Sepakati Kerja Sama

UNU Jogja dan Universitas Adiwangsa Jambi (Unaja) menandatangani nota kesepahaman (MoU) di bidang...

Jangkau Jaringan Internasional, GEDSI UNU Jogja Penuhi Undangan Konferensi Asia Tenggara di Filipina
  • Editor UNU
  • 17 September 2024

Jangkau Jaringan Internasional, GEDSI UNU Jogja Penuhi Undangan Konferensi Asia Tenggara di Filipina

Direktur Center for Gender Equality, Disability, and Social Inclusion (GEDSI) UNU Jogja Wiwin...