Kuliah Umum, UNU Menghadirkan Dr. Ary Syahriar ,Ph.D

UNU,Yogyakarta – Masyarakat Indonesia saat ini adalah konsumen dari teknologi yang berkembang, tak ayal jika hampir seluruh aktivitasnya mengandalkan internet. Begitulah sedikit pemaparan Dr. Ary Syahriar ,Ph.D (Ketua Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dalam materinya pada kuliah umum di UNU (17/10).  Kuliah umum yang bertema “Tantangan Inovasi di Indonesia” ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru angkatan pertama beserta para dosen di UNU Yogyakarta.

Menurut beliau, masyarakat Indonesia adalah orang-orang yang pintar, kendalanya adalah kemampuan daripada pendidik kita dan mahasiswa itu sendiri untuk menciptakan ide-ide baru. Begitupun dengan kurangnya kemauan untuk menjadi produsen daripada ide-ide baru, dan cenderung menjadi konsumer dari inovasi baru tersebut.

 

Yang menjadi pokok saat ini adalah bagaimana memacu mahasiswa untuk mulai berfikir dengan cara yang berbeda. Sebab dari sistem yang ada saat ini, mahasiswa cenderung menjadi orang yang beranggapan bahwa dosen  adalah orang tahu segalanya, padahal bisa jadi mahasiswa lebih tahu.

Beliau berkata “Di era digital dan inovasi sekarang ini, bagaimana mahasiswa berperan dalam meningkatkan kemampuan dirinya sendiri, jangan bergantung pada dosen, mereka juga harus mengkolaborasi dan mencari ilmu-ilmu baru yang jauh lebih hebat”.

Menurut beliau dosen sekarang ini bukan lagi orang yang tahu segalanya, tapi yang bisa memberikan sumber-sumber ilmu baru bagi mahasiswa. (ALF)

Dian Kurnia Putri

Staff Administrasi UNU JOGJA
Close Menu