Prodi Agribisnis UNU Yogyakarta Meluncurkan Program “PETANI MUDA”

Prodi Agribisnis UNU Yogyakarta Meluncurkan Program “PETANI MUDA”

Indonesia mendapat julukan sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan sektor pertanian. Oleh karena itu, hingga saat ini sektor pertanian memegang peran penting dan strategis dalam perekonomian nasional. Selain sebagai penyedia lapangan kerja, sektor ini juga menjadi salah satu kontributor utama pendapatan devisa dari ekspor dan sumber utama penyangga ketahanan pangan.

Namun demikian, seiring berjalannya waktu, sektor pertanian mengalami permasalahan di bidang ketenagakerjaan, yaitu semakin berkurangnya minat pemuda untuk terjun ke dunia pertanian, khususnya padi aktivitas on-farm. Kementerian Pertanian (2014) dalam Sensus Tani 2013 menyebutkan bahwa penduduk baik laki-laki maupun perempuan yang berusia 15 tahun ke atas, jumlahnya cenderung menurun. Sedangkan kategori usia 55-59 tahun dan 60 tahun ke atas mengalami kenaikan masng-masing 373 orang dan 47 orang.

Atas dasar tersebut, Program Studi Agribisnis Universitas Nahdlatul Yogyakarta (UNU Yogyakarta) meluncurkan program Petani Muda. Menurut Nurul Salehawati selaku ketua program studi agribisnis UNU Yogyakarta, program ini bertujuan untuk menjadi penyambung antara teori yang diperoleh mahasiswa di perkuliahan dan yang terjadi di lapangan. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa dapat memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalam tentang dunia pertanian.

Program Petani Muda dimulai dari identifikasi dan asesmen kepada sejumlah mahasiswa yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Kemudian, para mahasiswa tersebut akan digabung ke dalam satu grup kerja dan diberikan hak kelola sepetak lahan dengan luasan tertentu. Pada lahan tersebut, mahasiswa akan melakukan aktivitas usahatani sejak pra tanam, tanam, pemeliharaan, hingga pasca panen. Pada setiap tahapannya, mahasiswa dapat berkonsultasi langsung dengan dosen maupun petani selaku pihak yang telah berpengalaman.

Close Menu