Mencetak Pendidik Berkarakter Aswaja, Berwawasan Global

Fakultas Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta memiliki dua Program Studi (Prodi) yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas ini dikembangkan dengan tiga landasan. Pertama, Islam ahlus sunnah wal jamaah an-nahdliyyyah atau yang dikenal dengan istilah Islam Nusantara. Kedua, basis kepesantrenan yang merupakan akar tradisi pendidikan NU. Ketiga, wawasan internasional.

Fakultas Pendidikan UNU Yogyakarta bercita-cita menggembleng para mahasiswa, tidak sekedar menjadi pendidik baik di Sekolah Dasar maupun pendidik Bahasa Inggris, tetapi juga mampu menjadi kader NU unggulan, yang siap melanjutkan estafet kepemimpinan NU ke depan. Mereka adalah kader-kader yang memiliki orientasi untuk mengembangkan jamaah dan jam’iyyah.

Karena itu, Fakultas Pendidikan khususnya, juga UNU Yogyakarta secara umum, terus berproses mempersiapkan berbagai hal, yang meliputi : penguatan basis kultural pesantren dan Islam Nusantara; membangun institusi yang profesional dan modern dimana perangkat institusi dikembangkan sesuai kebutuhan masyarakat hari ini dan akan datang; serta memperluas dan memperkuat jejaring UNU dengan lembaga atau mitra strategis lain.

Sebagai lembaga yang nantinya akan melahirkan calon pendidik berkarakter aswaja dan berwawasan global, UNU Yogyakarta berupaya mempersiapkan diri dengan manajerial yang profesional. Kurikulumnya didesain untuk mewujudkan idealisme UNU. Para dosen yang disiapkan adalah mereka-mereka yang memiliki nilai-nilai ke-NU-an dan kepesantrenan sehingga diharapkan nilai-nilai tersebut dalam diinternalisasikan kepada para mahasiswa.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

  1. Lulusan Fakultas Pendidikan dicetak untuk memiliki standar kualifikasi dan standar kompetensi. Hal ini mengacu kepada Undang-Undang Nomer 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  2. Lulusan Fakultas Pendidikan memiliki nilai-nilai Islam ahlussunnah wal jama’ah an-nahdliyyah dan nilai-nilai kepesantrenan
  3. Lulusan Fakultas Pendidikan memiliki nilai kosmopolitan dan berwawasan global
  4. Lulusan Fakultas Pendidikan memiliki memiliki nilai-nilai kejuangan sebagai kader. Orientasinya sebagai pendidik tidak sekedar orientasi duniawi, tetapi orientasi yang bersifat ukhrawi, mendidik sekaligus berdakwah.
Close Menu