Sanksi Menjadi Berkah Prodi Manajemen

Sanksi Menjadi Berkah Prodi Manajemen

Oleh : Febriani Wahyusari Nurcahyanti, S.E., M.M.

Kaprodi Manajemen Fakultas Ekonomi UNU Yogyakarta

Kegiatan rutinan Selasa mahasiswa Prodi Manajemen dilakukan setiap jam 12.30 wib bertempat di limasan/joglo UNU Yogyakarta, dengan pembimbing Febriani Wahyusari Nurcahyanti, S.E., M.M.

Kegiatan ini dilakukan terinspirasi dari pemberian sanksi dosen kepada mahasiswanya yang datang terlambat pada saat kuliah. Pada saat kuliah pertama berlangsung dosen dan mahasiswa membuat kesepakatan bersama sanksi yang akan diberikan bagi mahasiswa yang terlambat datang kuliah, yang akhirnya disepakati dosen memberikan sanksi membaca Al Qur’an diakhir perkuliahan bagi mahasiswa yang terlambat datang kuliah, dengan menganjurkan kepada mahasiswanya agar sebelum masuk ruang kuliah dalam keadaan suci, artinya mahasiswa diharapkan telah mengambil wudhu pada saat akan mengikuti kuliah,  agar apabila terkena sanksi telah siap untuk membaca Al Qur’an. Hal ini dilakukan agar mahasiswa dalam kuliah tidak hanya mendapatkan ilmu dunia saja akan tetapi juga mendapatkan amalan untuk akheratnya. Tujuan yang lain adalah untuk menyiapkan mahasiswa agar pada saat lulus nanti sudah fasih membaca Al Qur’an sesuai dengan syarat yang telah ditentukan oleh Universitas.

Dikarenakan setiap kuliah ternyata waktu selalu habis untuk peyampaian materi, diskusi dsb maka pemberian sanksi yang berupa membaca Al Qur’an tidak mendapat slot waktu. Akhirnya dosen dan mahasiswa bersepakat melakukan tadarust bersama diluar jam kuliah dengan memberikan sanksi mahasiswa yang terlambat datang kuliah membaca “dua ‘ain” sedangkan yang tidak terlambat cukup membaca “satu ‘ain” disetiap giliran tadarust, saat teman yang satu membaca teman yang lain menyimak bersama sekaligus mengoreksi bacaan ayat yang sedang dibaca apabila ada kesalahan. Disamping itu mahasiswa baik putra maupun putri juga ditugasi bergiliran untuk mengisi kultum dan menjadi pembawa acaranya. Dikarenakan dua materi (tadarust dan kultum) tersebut dilakukan tidak sampai satu jam maka pembimbing menambah materi tahlil dalam kegiatan tersebut dengan dipimpin khusus mahasiswa putra yang bergiliran pula.

Tujuan dan harapan pembimbing dalam kegiatan ini adalah untuk melatih dan menanamkan jiwa kepemimpinan dalam diri mahasiswanya, yang tidak kalah pentingnya adalah agar mahasiswa selalu mengingat dan  mendoakan kedua orang tua dan leluhurnya baik yang sudah almarhum maupun yang masih sehat, selain itu kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk melestarikan amalan NU serta menanamkan nilai-nilai santri kepada mahasiswanya. Pada kegiatan rutinan ini disediakan infaq koin dalam bentuk tabungan apel yang diedarkan berkeliling untuk mendidik mahasiswa agar selalu beramal walau hanya sekedar koin saja, rencananya apabila telah terkumpul koin tersebut akan digunakan untuk kegiatan sosial ditempat yang sedang membutuhkan. Selain itu pembimbing juga mengajak mahasiswa untuk selalu tertib administrasi dengan cara setiap kegiatan tersebut mahasiswa diminta untuk membuat notulen dan absen kehadiran sehingga dapat terlihat siapa saja mahasiswa yang aktif dan tidak dalam kegiatan tersebut.

Dikarenakan kegiatan ini dilakukan bertepatan dengan jam makan siang maka untuk terus menyemangati mahasiswa dalam kegiatan tersebut pembimbing selalu menyediakan nasi kucing/bubur/mie, camilan, dan minuman bahkan doorprize untuk menghidupkan dan memeriahkan suasana, diakhir kegiatan tersebut dilakukan makan bersama yang dibarengi dengan acara sharing dan tanya jawab baik dari pembimbing kepada mahasiswanya maupun sebaliknya dari mahasiswa kepada pembimbingnya sehingga nuansa kekeluargaan antara dosen dan mahasiswa dapat terbina dengan baik seperti halnya anak dengan orang tuanya.

Dan Alhamdulillah kegiatan rutinan selasa ini dapat berjalan istiqomah, walaupun pembimbing kadang tidak bisa mengawal kegiatan tersebut akan tetapi para mahasiswa telah menunjukkan sikap dewasa dan bertanggungjawab tetap melaksanakan kegiatan tersebut, dan sikap inilah yang sangat membanggakan. Semoga Allah senantiasa memberikan kelancaran  kemudahan dan rezeki yang barokah sehingga kegiatan ini dapat bermanfaat dan berjalan istiqomah dari tahun ketahun dengan dibarengi bertambahnya mahasiswa disetiap tahunnya. Aamiin Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin…….

Close Menu